ANALISIS PERBANDINGAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN PADA MINIMARKET INDOMARET DENGAN ALFAMART DI KOMPLEKS PESONA ANGGREK BEKASI

Dari sebuah karya ilmiah yang saya baca berjudul “Analisis Perbandingan Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan pada Minimarket dengan Alfanart di Kompleks Pesona Anggrek Bekasi”, saya ingin memberikan beberapa ulasan mengenai penggunaan kalimat, ejaan serta tanda baca terhadap karya ilmiah ini.

Penggunaan kata “dan” pada kalimat pertama bab abstrak “ Untuk mengetahui adakah perbedaan kepuasan konsumen indomaret dan alfamart di perumahan Pesona Anggrek Bekasi”. Sebaiknya kata “dan” diganti dengan kata ‘dengan’ karena “kata “dan” merupakan kalimat penyertaan bukan kalimat perbandingan, karena kalimat ini juga termasuk dalam kalimat tanya, maka diperlukan “ tanda tanya “ di akhir kalimat dan kata “ adakah “ diganti dengan kata “ apakah ada “ jadi kalimat yang benar adalah “ Untuk mengetahui apakah ada perbedaan kepuasan konsumen indomaret dengan alfamart di perumahan Pesona Anggrek Bekasi? ”

. Kalimat “ Dalam penelitian ini digunakan data primer yang diperoleh dengan menggunakan kuesioner”. struktur bahasa dalam kalimat ini tidak benar. Sebaiknya kalimat di ubah menjadi “ Penelitian ini menggunakan data primer dan kuesioner”.

Pada kalimat “ Sedangkan hasil uji perbandingan kualitas pelayanan antara minimarket Indomaret dengan alfamart berdasarkan dimensi kehandalan, keresponsifan, assurance, empathy dan tangible serta kualitas pelayanan keseluruhan ada perbedaan yang signifikan”. Kata ‘sedangkan’ merupakan salah satu kata konjungsi yang menunjukkan perbandingan, sehingga kata ‘sedangkan’ tidak boleh diletakkan diawal, dan kata ‘ada’ diganti dengan kata ‘terdapat’. Kalimat yang baik adalah “ Hasil uji perbandingan kualitas pelayanan antara minimarket Indomart dan Alfamart pelayanan keseluruhan terdapat perbedaan yang signifikan “

Kata “dan” diawal kalimat ‘Dan hakikatnya kepuasan konsumen merupakan evaluasi purna beli dimana alternative yang dipilih sekurang-kurangnya dapat memberikan hasil sama atau melampaui harapan konsumen’. Merupakan kata konjungsi persamaan sehingga tidak benar jika kata ‘dan’ diletakkan diawal kalimat. Penggunaan kata “sebagaimana” pada kalimat “ demikianlah sebagaimana yang disampaikan oleh banyak pakar ekonomi yang memberikan definisi mengenai kepuasan konsumen”. Sebaiknya dihilangkan saja, agar kalimat tersebut tidak rancu. “kuesioner” merupakan kata tidak baku, seharusnya kata-kata yang digunakan dalam sebuah penulisan ilmiah merupakan kata baku, jadi kata “ kuesioner “ sebaikya adalah “Quisioner”. karena kata “yang” merupakan kata konjungsi, maka tidak boleh diletakan diawal kalimat. Penulisan kata “di kunjungi” seharusnya ‘dikunjungi’ karena dikunjungi berasal dari kata kunjung yang mendapat awalan di dan akhiran i, dimana ‘dikunjungi’ menunjukkan kata kerja sehingga penulisannya harus digabung.

0 komentar:

Posting Komentar