Strategi pengembangan koperasi dan prinsip-prinsip koperasi

Koperasi memiliki tujuan untuk mensejahterakan para anggotanya. Maka dari itu diperlukan strategi dalam pengembangan koperasi, strategi tersebut diantaranya :

Ø Mengembangkan kegiatan koperasi dengan mempertahankan falsafah dan prinsip koperasi

Koperasi dapat berkembang jika kinerja intern koperasi baik, serta peran aktif masyarakat untuk mengembangkan koperasi juga sangat dibutuhkan. Falsafah dan prinsip koperasi dijunjung tinggi agar tujuan dapat tercapai sebagaimana mestinya. Walaupun pada kenyataannya, banyak koperasi yang setelah berkembang justru kehilangan jiwa koperasinya, jika tidak diantisipasi kondisi ini akan mengaburkan tujuan pengembangan koperasi itu sendiri. Prinsip-prinsip dasar koperasi yang akan menghasilkan nilai-nilai instrumental yaitu :

· Orang-orang atau kelompok mendirikan koperasi karena mereka memandang cara koperasi sebagai cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhannya, baik posisinya sebagai produsen maupun konsumen.

· Aktivitas dari masyarakat koperai dimasukkan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi

· Aktivitas koperasi dilaksanakan secara efisien

· Kegagalan atau keberhasilan koperasi harus dilihat dari sudut pandang kepuasan anggota atas pelayanan koperasinya

· Tujuan koperasi adalah melayani kebutuhan anggotanya, maka anggota berhak menentukan sepenuhnya bagaimana dan untuk apa sumber-sumber yang terkumpul digunakan.

· Prinsip keadilan adalah landasan bagi pemeliharaan koperasi

Penyelenggaraan berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan kepercayaan penggunaan atas kinerja koperasi secara keseluruan

ICA pada tahun 1995 telah merumuskan tujuh prinsip koperasi, yaitu :

1. Keanggotaan koperasi sukarela dan terbuka

2. kotrol secara demokratis oleh anggota

3. partisipasi anggota dalam kegiatan ekonomi

4. otonomi dan kemerdekaan ( kebebasan )

5. Pendidikan, pelatian dan penyuluhan

6. Kerja sama antar koperasi

7. kepedulian terhadap komunitas

Ø Keterkaitan kegiatan koperasi dengan pelayanan usaha

Penyelenggaraan berbagai kegiatan tentang hal-hal praktis serta metode-metode perkoperasian merupakan kewajian koperai agar koperai dapat memperbaiki pelayanan, maupun bersaing dengan perusahaan yang lain yang setara, dan sekaligus meningkatkan kepercayaan pengguna atas kinerja koperasi.

0 komentar:

Posting Komentar